9 kebiasaan ini yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi


TEKANAN DARAH



sebelum lebih lanjut membahas tentang cara mengatasi tekanan darah tinggi, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian tekenan darah itu sendiri. 
jadi, apa yang dimaksud dengan Tekanan Darah? Yang dimaksud dengan Tekanan Darah adalah jumlah tenaga darah yang ditekan terhadap dinding Arteri (pembuluh nadi) saat Jantung memompakan darah ke seluruh tubuh manusia. Tekanan darah merupakan salah satu pengukuran yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, karena Tekanan darah yang tinggi atau Hipertensi  dalam jangka panjang akan menyebabkan perenggangan dinding arteri dan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah. Pecahnya pembuluh darah inilah yang menyebabkan terjadinya Stroke. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh Tekanan darah tinggi diantaranya adalah Stroke, Penyakit Jantung, Penyakit Ginjal dan Aneurisma.

Pada umumnya tekanan darah tidak meberikan genjala yang berarti, sehingga para penderita tekanan darah tidak bisa mengetahui bahwa dirinya terdapatpenyakit tekanan darah. Oleh karena itu, setiap orang di sarankan agar memeriksa kondisi darah secara rutin.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

ada beberapa faktor penyebab tekanan darah menjadi naik,  antara lain adalah sebagai berikut.

- Kolesterol (bisa dikendalikan)

- kegemukkan/Obesitas (bisa dikendalikan)
 
- Garam (bisa dikendalikan)

- Rokok (bisa dikendalikan)

- Kafein (bisa dikendalikan)

- Alkohol (bisa dikendalikan)

- Stress (bisa dikendalikan)

- Kurang Olahraga (bisa dikendalikan)

-  Usia (tidak bisa dikendalikan)

- Keturunan (tidak bisa dikendalikan)

Menghindari dan mengatasi tekanan darah yang tinggi

tidak ada seorang yang menginginkan sebuah penyakit, apalagi penyakit darah tinggi. berikut ini 10 tips yang bisa mencegah dan mengatasi darah tinggi.

1. Hindari stress

 tahukah anda bahwa stress yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah semakin meningkat. oleh karena itu, hindari stress apalagi berlebihan, jika anda mendapatkan suatu maslah coba cari penyebab masalahnya dan berfikir lebih tenang dalam mengatasinya. cobalah berfikir jernih dan jauhi hal - hal yang negatif dari pikiran anda. anda bisa bereleksasi dan refreshing di tempat yang bida membuat anda merasa nyaman, seperti di pantai. atau mengikuti terapi anti stress agar anda bisa mengendalikan stress anda.

2. Kurangi penggunaan kafein
belum begitu jelas mengenai pengaruh kafein terhadap tekanan darah, namun beberapa penelitian sudah ada yang mengungkapkannya. mencegah, lebih baik daripada mengobati. bukan begitu?

3. Hindari Rokok

rokok berperan bisar terhadap tekanan darah, sehingga mengurangi penggunaan rokok dapat mengurangi tekanan darah anda.

4. kurangi minum  beralkohol berlebih

pengunaan alkohol dalam jumlah kecil memang baik untuk anda penderita tekanan darah, namun penggunaan dalam jumlah banyak justru malah lebih berpotensi terkena penyakit tekanan darah.

5. Menurunkan berat badan berlebih

lemak yang terkandung dalam pinggang anda berpotensi menyebabkan tekanan darah menjadi naik. menurunkan berat badan 5 kg lebih bisa mengurangi tekanan darah yang tinggi.

6. Kurangi konsumsi garam dalam makanan

bagi anda yang di diagnosa penyakit tekanan darah tinggi, alangkah baiknya untuk mengurangi konsumsi garam.

7. kendalikan kolesterol
mengendalikan kolesterol dapat membantu menurunkan tekanan darah.

8. konsumsi makanan susu, yoghurt, keju, yang mengandung kalsium tinggi. selain itu, kosumsi juga sukun, alpukat, coklat, dan almond yang mengandung kalium dan magnesium yang tinggi. kalium, kalsium dan magnesium bisa mengurangi tekanan darah tinggi anda.

9. olahraga secara teratur

dengan beroleharaga secara teratur, maka penyakit tekanan darah tinggi anda bisa di kurangi. berolahraga seperti lari, berenang, dan bersepada secara teratur 30-60 menit per hari. 

oke inilah akhir dari artikel mengenai cara mengatasi tekanan darah tinggi. semoga semua orang yang terkena penyakit darah bisa sembuh sehat dan beraktivitas seperti biasanya. semangat bagi yang sedang sakit, karena segala penyakit di dunia ini pasti ada obatnya. jangan lupa juga berdoa semoga bisa cepat sembuh. terima kasih dan sampai jumpa.

0 Response to "9 kebiasaan ini yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi"

Post a Comment