inilah 6 langkah efektif untuk berhenti merokok yang terbukti berhasil

mendengar kata rokok rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita, dikutip dari wikipedia, pengertian Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.


sudah banyak orang yang terkena dampak buruk dari rokok, karena rokok mengandung  lebih dari 100 zat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh misalkan seperti kanker, penyakit pernapasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, gangguan janin, dan sebagainya.bahkan, gambar tubuh dampak negatif rokok pun sudah terpampang jelas dalam bungkus rokok tersebut. karena itu penting untuk menghindari silinder nikotin ini. sebenarnya rokok mengandung zat adiktif yang bisa membuat seorang pemakainya menjadi kecanduan serta ketergantungan dan susah untuk melepaskannya. nah bagi anda yang sudah terlanjur merokok, namun susah untuk melepaskan diri, maka saya akan memberikan beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar anda bisa berhenti merokok selamanya.

6 langkah berhenti merokok yang terbukti berhasil

 1.  niat dan tekad yang kuat

segala sesuatu harus diawali dengan niat. jika niat sudah siap dan tekad anda sudah kuat maka untuk berhenti merokok pun tidak akan terasa sulit, dan kalau pun ada hambatan dan rintangan anda tidak akan menyerah dan berhenti begitu saja. maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menguatkan niat dan tekad anda agar anda bisa berhasil.

2. ubah pola pikir anda

ketika anda berpikir tentang rokok, jika anda berpikir bahwa anda tak bisa hidup tanpa merokok, itu adalah pemikiran yang salah besar. karena kebiasaan merokok itu bisa anda rubah sampai anda tidak merokok lagi. jika teman, keluarga dan kerabat anda bisa hidup tanpa rokok kenapa anda tidak? jadi, berpikirlah bahwa anda bisa berhenti dan bebas dari yang namanya rokok.

3. buatlah acara merokok anda menjadi susah dan ribet

langkah kedua, jika anda ingin merokok anda bisa membuatnya menjadi susah dan ribet, hal ini bisa mengurangi dan akhirnya anda bisa berhenti merokok karena ketika anda ingin merokok anda harus bersusah dulu mendapatkannya. dikutip dari merdeka.com bahwa ada seorang pecandu rokokyang bernama Pat Owens dari New York, ia mencoba untuk berhenti merokok dengan cara ia membungkus rokoknya dalam tas plastik kemudian menguburnya di bawah pot bunga. jadi ketika ia ingin merokok, dia harus menggali terlebih dahulu pot nya kemudian membuka tas plastik. ribet bukan? nah itu salah satu contohnya. anda bisa mencoba cara lainnya yang lebih gila.

4. Bertahap

jika anda ingin berhenti merokok secara langsung maka itu akan menjadi sulit bagi siapapun yang sudah ketergantungan, itu malah akan menyiksa diri anda sendiri. maka dari itu, saya sarankan langkah yang keempat adalah untuk berhenti merokok itu harus bertahap, tidak bisa secara langsung. buatlah target anda sampai akhirnya benar - benar berhenti, misal dalam waktu 2-4 minggu. ini merupakan hal yang efektif dan ampuh untuk berhenti merokok.

5. Hindari semua hal tentang rokok

pepatah mengatakan jika anda bergaul dengan orang yang suka melakukan hal negatif, bukan tidak mungkin meski anda adalah orang baik pasti akan terbawa ke hal yang negatif, sebaliknya jika anda begaul dengan orang saleh maka anda akan terbawa menjadi orang yang saleh juga. maka dari itu, jauhilah semua tentang rokok karena semua itu akan berpengaruh terhadap diri anda. dengan menghindari semua hal tentang rokok, sedikit - sedikit anda bisa mengurangi dan melupakan tentang apa yang namanya rokok.


6. gantikan kebiasaan

jika anda terbiasa menghisap rokok, maka untuk menginialisasi sekaligus tahap terakhir adalah dengan menggantikan rokok tersebut dengan yang lainnya, seperti misalnya permen, coklat dan lainnya yang tentunya lebih menyehatkan tubuh. 

itulah 6 langkah yang bisa anda lakukan untuk berhenti merokok, sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan, tapi 7 langkah inilah yang paling efektif menurut saya. hal yang terpenting adalah anda harus berpikir bahwa rokok itu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh anda. merokok berarti anda telah memasukkan zat berbahaya ke dalam tubuh anda sendiri, anda telah merusak berbagai organ penting yang ada dalam tubuh oleh anda sendiri. sekian semoga bermanfaat dan semoga anda sukses dalam melakukan program menghentikan kebiasaan merokok anda. sampai jumpa!!
 


0 Response to "inilah 6 langkah efektif untuk berhenti merokok yang terbukti berhasil"

Post a Comment